Sunday, 1 May 2011

Gangguan Pada Telinga

Gangguan pada Telinga

Otalgia / Nyeri Telinga

1. Telinga Luar

liang telinga yang lecetNyeri yang berasal dari telinga luar, termasuk didalamnya daun telinga dan liang telinga, dapat disebabkan oleh gangguan seperti masuknya benda asing (manik-manik, biji-bijian, serangga, tertinggal kapas), mengkorek telinga terlalu keras dengan berbagai benda pengorek telinga, bahkan hanya dengan jari, atau akibat kotoran telinga yang mengeras. Peradangan akibat infeksi karena bakteri, virus dan jamur dapat juga menyebabkan telinga luar menjadi sakit sehingga menimbulkan nyeri.

Gambar 2. Liang telinga yang lecet karena dikorek-korek.

2. Telinga Tengah

Nyeri yang berasal dari telinga tengah, biasanya di sebabkan oleh proses peradangan yang disebut dengan otitis media atau disebabkan oleh gangguan pada tuba eustakius (saluran yang menghubungkan telinga tengah dengan hidung bagian belakang/ tenggorokan). Gangguan di tuba eustakius ini bisa disebabkan karena proses peradangan atau infeksi, bisa juga akibat perubahan tekanan ditelinga tengah (pada saat naik pesawat dan menyelam).

Keganasan atau kanker pada telinga juga dapat menyebabkan timbulnya nyeri telinga.

radang akut telinga tengahradang akut telinga tengah Gambar 3. Radang akut telinga tengah, tampak gendang pendengaran menonjol ke luar terdorong oleh lendir bernanah di telinga tengah. Gambar di sebelah kanan sudah terjadi pecahnya gendang pendengaran.

3. Penyebab nyeri yang berasal dari tempat lain (nyeri alih/referred pain)

Telinga dipersyarafi oleh berbagai syaraf (nervus), seperti nervus V, IX dan X, yang masing-masing juga mempersyarafi organ-organ lain. Akibatnya apabila timbul sakit pada organ lain yang memiliki syaraf sama dengan syaraf di telinga, maka rasa nyeri di tempat tersebut akan dihantarkan melalui percabangan syaraf tersebut ketelinga (referred pain). Contohnya adalah sakit gigi, sakit tenggorok, sakit amandel (tonsilitis), gangguan pada sendi rahang dan lain-lain.

4. Gejala yang menyertai

Sakit telinga itu sendiri merupakan suatu gejala atau keluhan, biasanya disertai dengan gejala-gejala lain dan bisa dari berbagai penyebab.

Bayi dan anak-anak biasanya menjadi rewel, sering menggaruk-garuk telinga atau menarik-narik telinga, bila penyakitnya di telinga biasanya disertai gangguan pendengaran. Pada keadaan infeksi dapat disertai demam dan keluar cairan dari telinga. Sakit telinga yang sering timbul pada anak-anak adalah akibat infeksi telinga tengah akut, yang timbul secara tiba-tiba. Biasanya disertai dengan demam tinggi, kadang-kadang sampai kejang dan muntah. Biasanya sebelumnya didahului oleh batuk dan pilek.

Pada penderita yang sudah dapat menjelaskan seperti anak yang agak besar, remaja dan dewasa, yang sering dialami selain nyeri adalah adanya perasaan penuh atau tekanan pada telinga, gangguan pendengaran, pusing dan pada infeksi terdapat cairan yang keluar dari telinga atau demam. Sakit telinga akibat infeksi telinga yang sudah menyebar kedaerah mastoid atau daerah dibelakangtelinga (mastoiditis), biasanya disertai dengan nyeri kepala. Pada infeksi liang telinga (otitis eksterna) sering disertai nyeri ketika membuka mulut atau menelan.

5. Pemeriksaan dan pengobatan

Dokter biasanya akan menanyakan beberapa hal sehubungan dengan keluhan sakit telinga yang timbul. Seperti adanya riwayat sakit batuk, pilek dan demam, riwayat mengorek telinga sebelumnya, riwayat naik pesawat. Sangat penting untuk mengidentifikasi penyebab telinga nyeri untuk mengetahui cara mengatasi rasa sakit tersebut.

mikroskop telingaTelinga akan diperiksa dengan seksama baik menggunakan otoskop atau endoskopi jika perlu. Organ sekitarnya juga akan diperiksa untuk memastikan asal rasa sakit tersebut.

endoskop telingahttp://www.ssmedika.com/images/stories/artikel/otoskop.jpglampu kepala untuk telinga

Gambar 4. Alat-alat bantu untuk memeriksa melalui liang telinga: lampu kepala, otoskop, endoskop dan mikroskop .

Pengobatan akan diberikan sesuai dengan penyebab. Jika terdapat kotoran yang keras atau benda asing akan dibersihkan. Pada kasus infeksi akan diterapi dengan pemberian antibiotika atau anti jamur. Pada kasus tertentu bahkan dilakukan tindakan pembedahan.

Infeksi Telinga

1. Penyebab

a. Pembengkakakn Saluran Eustachio

http://www.ahliwasir.com/image-upload/infeksi_telinga3.jpgTabung Eustachio merupakan kanal yang menghubungkan bagian tengah telinga ke tenggorokan. Yang berkerut dengan lendir, seperti hidung dan tenggorokan; membantu untuk membersihkan cairan dibagian tengah telinga dan kedalam rongga hidung. Pilek, flu, dan alergi dapat mengganggu tabung Eustachio dan menyebabkan lapisan saluran ini menjadi bengkak.

b. Adanya Cairan di Telinga

http://www.ahliwasir.com/image-upload/infeksi_telinga4.jpgJika tabung Eustachio menjadi terblokir, cairan terbentuk di tengah telinga. Hal ini yang membuat bakteri dan virus menyebabkan infeksi. Dokter dapat mendeteksi cairan di telinga tengah dengan pneumatic otoscope. Perangkat ini meniupkan sejumlah kecil udara ke gendang telinga, sehingga gendang telinga bergetar. Jika ada cairan, gendang telinga tidak akan bergerak sebanyak yang mestinya.

2. Gejala

· http://www.ahliwasir.com/image-upload/infeksi_telinga6.jpgMendadak, sakit yang menusuk di telinga, sakitnya mungkin lebih buruk bila kita berbaring, sehingga membuat sulit untuk tidur.

· Gangguan pendengaran.

· Demam hingga 104 derajat.

· Sentakan atau tarikan pada satu atau kedua telinga.

· Keluar cairan dari telinga.

· Hilangnya keseimbangan.

· Mual, muntah, atau diare.

· Tersumbat.

3. Akibat

a. Gendang Telinga Pecah

http://www.ahliwasir.com/image-upload/infeksi_telinga5.jpg Bila terlalu banyak cairan terbentuk di bagian tengah telinga, hal ini dapat memberikan tekanan pada gendang telinga sampai meletus (yang ditampilkan di sini). Tanda-tanda pecahnya gendang telinga termasuk cairan yang berwarna kuning, coklat, atau putih yang keluar dari telinga. Rasa sakit dapat hilang dengan tiba-tiba karena tekanan dari cairan di gendang telinga sudah hilang. Meskipun letusan suara gendang telinga menakutkan, ia biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

http://www.ahliwasir.com/image-upload/infeksi_telinga2.jpg Gendang telinga yang sehat yaitu seperti gambar berikut

b. Adnoids (Radang Tonsil)

Radang tonsil-adenoid, dalam bahasa awam sering disebut amandel, adalah penyakit yang sering ditemukan terutama pada anak-anak. Secara sederhana, penyakit ini terbagi atas radang tonsil-adenoid akut (mendadak) dan radang tonsil-adenoid kronis (menahun). Selain pembagian itu, masih ada pembagian lain yang tidak saya jelaskan di sini. Tonsil terletak pada kedua lipatan pilar rongga mulut sehingga bila ia membesar kita dapat melihatnya saat membuka mulut lebar di depankaca. Sedangkan adenoid terletak pada dinding belakang tengah nasofaring yang di kanan dan kirinya, agak ke atas, terletak muara tuba Eustachius yaitu saluran yang menghubungkan antara telinga tengah dengan nasofaring.

Cara penularan infeksi tonsil-adenoid akut pada seseorang dapat terjadi langsung melalui percikan ludah (droplet infection) yang mengandung bakteri dari orang lain yang sedang menderita radang tonsil. Pada anak, karena imunitas tubuhnya belum sempurna, maka bila
ia telah tertular radang tonsil maka selanjutnya penyakitnya cenderung untuk kambuh dan menjadi kronis.

4. Pengobatan

· Pemasangan Gendang Telinga

http://www.ahliwasir.com/image-upload/infeksi_telinga11.jpg Jika anak anda telah berulang kali mengalami infeksi telinga atau cairan yang tidak mau hilang, kehilangan pendengaran dan keterlambatan dalam berbicara mungkin sebuah kepedulian yang nyata. Salah satu solusi untuk dokter anda adalah dengan memasukkan tabung kecil kedalam telinga. Tabung telinga dapat membaut cairan keluar dari telinga dan mencegah cairan untuk terbentuk kembali. Hal ini dapat menurunkan tekanan dan rasa sakit, sementara dalam masa pemulihan pendengaran. Tabung itu biasanya di biarkan untuk waktu 8 hingga 18 bulan sampai mereka lepas sendiri.

· Pemberian antibiotic

http://www.ahliwasir.com/image-upload/infeksi_telinga9.jpg

Antibiotik dapat menyembuhkan infeksi telinga, namun penelitian menunjukkan perlakuan itu tidak selalu diperlukan. Dalam kebanyakan kasus, sistem kekebalan anak-anak dapat menghindari infeksi tanpa bantuan. Dalam satu penelitian, orang tua diminta untuk tidak memberikan anak mereka antibiotik kecuali infeksi tersebut "tidak lebih baik, atau lebih buruk" setelah 48 jam. Jauh lebih baik sedikit terlambat daripada anak-anak mengambil antibiotik.

· Operasi adenoids

http://www.ahliwasir.com/image-upload/infeksi_telinga12.jpg

Adenoids adalah kelenjar getah bening yang letaknya tinggi di bagian belakang tenggorokan. Mereka dapat menjadi membesar akibat dari infeksi telinga yang berulang dan dapat mempengaruhi tabung Eustachian yang menghubungkan telinga tengah dan bagian belakang hidung. Sebuah adenoidectomy (penghapusan adenoide) dapat membantu anak-anak dengan infeksi telinga berulang. Adenoidectomy biasanya dilakukan ketika infeksi telinga terus berulang walaupun dilakukan perawatan dengan antibiotik.

· Perwatan rumah

http://www.ahliwasir.com/image-upload/infeksi_telinga8.jpg


Walaupun sistem kekebalan menyerah untuk melawan, anda dapat mengambil langkah-langkah untuk meringankan penderitaan infeksi telinga. Dengan menerapkan handuk atau kain lap yang hangat dapat menyejukkannya. (Hanya menggunakan bantalan pemanas jika anak anda sudah cukup besar untuk mengatakan bila itu terlalu panas.) Obat tetes telinga cepat memberikan bantuan menghilangkan sakit, tetapi diperiksakan oleh dokter anda sebelum menggunakan mereka. obat analgesik, seperti ibuprofen dan acetaminophen, juga menjadi salah satu pilihan. JANGAN memberikan aspirin kepada anak-anak yang di bawah usia 16 tahun.

5. Pencegahan

· Menjaga Kebersihan

http://www.ahliwasir.com/image-upload/infeksi_telinga13.jpgPenyebab infeksi telinga terbesar adalah pilek yang biasa, jadi salah satu strategi untuk pencegahan adalah menjaga virus tetap diluar. Cara yang paling efektif untuk melakukannya adalah kerutinan dan sering mencuci tangan. Barisan pertahanan lainnya terhadap infeksi telinga termasuk menghindari secondhand smoke dan menyusui bayi anda (ASI) untuk tahun pertama kehidupan.

· Menjaga Alergi dibawah Kontrol

http://www.ahliwasir.com/image-upload/infeksi_telinga14.jpg

Seperti pilek, alergi juga dapat mengganggu tabung Eustachian dan berkontribusi ke infeksi telinga. Menjaga alergi di bawah kontrol dapat membantu mengurangi infeksi telinga.





· Tes Pendengaran

http://www.ahliwasir.com/image-upload/infeksi_telinga10.jpgJika suatu infeksi telinga tidak membaik dengan sendirinya setelah beberapa hari, perawatan medis sangat penting. Jangan dibiarkan tanpa perawatan, infeksi dibagian tengah telinga yang berat dan berulang dapat mengakibatkan komplikasi jangka panjang. Termasuk bekas luka di gendang telinga dapat menyebabkan kehilangan pendengaran, berbicara dan perkembangan bahasa bermasalah, dan radang selaput. Tes pendengaran mungkin diperlukan jika anak anda sering menderita infeksi telinga.

Tuli

Tuli, tunarungu, atau gangguan dengar dalam kedokteran adalah kondisi fisik yang ditandai dengan penurunan atau ketidakmampuan seseorang untuk mendengarkan suara.

Tuli dalam kedokteran dibagi atas 3 jenis:

  1. Tuli/Gangguan Dengar Konduktif yaitu gangguan dengar yang disebabkan kelainan di telinga bagian luar dan/atau telinga bagian tengah, sedangkan saraf pendengarannya masih baik, dapat terjadi pada orang dengan infeksi telinga tengah, infeksi telinga luar atau adanya serumen di liang telinga.
  2. Tuli/Gangguan Dengar Saraf atau Sensorineural yaitu gangguan dengar akibat kerusakan saraf pendengaran, meskipun tidak ada gangguan di telinga bagian luar atau tengah.
  3. Tuli/Gangguan Dengar Campuran yaitu gangguan yang merupakan campuran kedua jenis gangguan dengar di atas, selain mengalami kelainan di telinga bagian luar dan tengah juga mengalami gangguan pada saraf pendengaran.

audiometri.jpgUntuk menentukan jenis dan derajat ketulian dapat diperiksa dengan audiometri

Meniere

PathwayPenyebab penyakit Meniere tidak diketahui namun terdapat berbagai teori, termasuk pengaruh neurokimia dan hormonal abnormal pada aliran darah yang menuju ke labirin, gangguan elektrolit dalam cairan labirin, reaksi alergi, dan gangguan autoimun.

Penyakit Meniere masa kini dianggap sebagai keadaan dimana terjadi ketidakseimbangan cairan telinga tengah yang abnormal yang disebabkan oleh malapsorbsi dalam sakus endolimfatikus. Namun, ada bukti menunjukkan bahwa banyak orang yang menderita penyakit Meniere mengalami sumbatan pada duktus endolimfatikus. Apapun penyebabnya, selalu terjadi hidrops endolimfatikus, yang merupakan pelebaran ruang endolimfatikus. Baik peningkatan tekanan dalam sistem ataupun ruptur membran telinga dalam dapat terjadi dan menimbulkan gejala Meniere.

Gejalanya berupa seangan vertigo tak tertahankan episodic yang sering disertai mual dan/atau muntah, yang berlangsung selama 3-24 jam dan kemudian menghilang secara perlahan. Secara periodik, penderita merasakan telinganya penuh atau merasakan adanya tekanan di dalam telinga. Kehilangan pendengaan sensorineural progresif dan fluktuatif.Tinnitus bisa menetap atau hilang-timbul dan semakin memburuk sebelum, setelah maupun selama serangan vertigo. Pada kebanyakan penderita, penyakit ini hanya menyerang 1 telinga dan pada 10-15% penderita, penyakit ini menyerang kedua telinga.

a. Vertigo

Vertigo adalah perasaan seolah-olah penderita bergerak atau berputar, atau seolah-olah benda di sekitar penderita bergerak atau berputar, yang biasanya disertai dengan mual dan kehilangan keseimbangan. Tubuh merasakan posisi dan mengendalikan keseimbangan melalui organ keseimbangan yang terdapat di telinga bagian dalam. Dan organ ini memiliki saraf yang berhubungan dengan area tertentu di otak.

Vertigo bisa disebabkan oleh kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak dan di dalam otaknya sendiri. Vertigo juga bisa berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba.

Kelainan di telinga

· Endapan kalsium pada salah satu kanalis semisirkularis di dalam telinga bagian dalam (menyebabkan benign paroxysmal positional vertigo)

· Infeksi telinga bagian dalam karena bakteri

· Herpes zoster

· Labirintitis (infeksi labirin di dalam telinga)

· Peradangan saraf vestibuler

· Penyakit Meniere

Gejala

Penderita merasa seolah-olah dirinya bergerak atau berputar; atau penderita merasakan seolah-olah benda di sekitarnya bergerak atau berputar.

b. Tinnitus

Tinnitus adalah suatu gangguan pendengaran dengan keluhan perasaan mendengar bunyi tanpa rangsangan bunyi dari luar. Keluhannya bisa berupa bunyi mendenging, menderu, mendesis, atau berbagai macam bunyi lainnya

Penyebab terjadinya tinnitus sangat beragam, beberapa penyebabnya anatara lain:

a) Kotoran yang ada di lubang telinga, yang apabila sudah di bersihkan rasa berdenging akan hilang

b) Infeksi telinga tengah dan telinga dalam

c) Gangguan darah

d) Tekanan darah yang tinggi atau rendah, dimana hal tersebut merangsang saraf pendengaran

e) Penyakit meniere’s Syndrome, dimana tekanan cairan dalam rumah siput meningkat, menyebabkan pendengaran menurun, vertigo, dan tinnitus

f) Keracunan obat

g) Penggunaan obat golongan aspirin ,dsb.

Pendengaran yang terganggu biasanya di tandai dengan mudah marah, pusing, mual dan mudah lelah. Kemudian pada kasus tinnitus sendiri terdapat gejala berupa telinga berdenging yang dapat terus menerus terjadi atau bahkan hilang timbul. Denging tersebut dapat terjadi sebagai tinnitus bernada rendah atau tinggi. Sumber bunyi di ataranya berasal dari denyut nadi, otot-otot dala rongga tellinga yang berkontraksi, dan juga akibat gangguan saraf pendengaran.

1 comment:

Mari mari berkomen :)